menghina vs mengkritik


apakah mengkritik dan menghina itu sama? menurut saya tidak. karena mengkritik belum tentu menghina, dan sebaliknya menghina belum tentu tanda dia lagi mengkritik.

menurut wiki, kosakata menghina (inggris: insulting/insult) berarti, tindakan komunikasi yg dilakukan individu atau sebuah kelompok, dlm bentuk hasutan, provokasi, terhadap individu atau kelompok lainnya, dalam berbagai aspek, spt ras, agama, warna kulit, etnis, gender, cacat, orientasi seksual, kewarganegaraan dan lain-lain.

sedangkan mengkritik (inggris: criticizing) dlm wiki dijelaskan, tindakan komunikasi utk menganalisa, mengevaluasi, dengan tujuan utk meningkatkan pemahaman, memperluas apresiasi, atau membantu memperbaiki pekerjaan.

secara etimologis berasal dari bahasa Yunani κριτικός, 'clitikos - "yang membedakan", kata ini sendiri diturunkan dari bahasa Yunani Kuno κριτής, krités, artinya "orang yang memberikan pendapat beralasan" atau "analisis", "pertimbangan nilai", "interpretasi", atau "pengamatan". Istilah ini biasa dipergunakan untuk menggambarkan seorang pengikut posisi yang berselisih dengan atau menentang objek kritikan. berasal dari bahasa Yunani κριτικός, 'clitikos - "yang membedakan", kata ini sendiri diturunkan dari bahasa Yunani Kuno κριτής, krités, artinya "orang yang memberikan pendapat beralasan" atau "analisis", "pertimbangan nilai", "interpretasi", atau "pengamatan". Istilah ini biasa dipergunakan untuk menggambarkan seorang pengikut posisi yang berselisih dengan atau menentang objek kritikan.

so, clear, hinaan dan kritikan sangat jauh berbeda. tapi yg jauh lebih penting, janganlah asal mengkritik thdp sebuah objek, jika ingin mengkritik maka kritiklah dgn data dan fakta yg valid, ini penting, kenapa? karena jika data & fakta tidak valid, maka jatuhnya adalah fitnah, dan fitnah lebih kejam dari pembunuhan.

fatalnya adalah pemilihan diksi menghina, sudahlah menghina dgn membabi buta malah memfitnah pula, ini jenderalnya pembunuhan menurut saya. so, keep your mind for those act! []
Labels: opini
0 Komentar untuk "menghina vs mengkritik"

Back To Top